#under_header{ margin:10px 0; padding:1%; width:98%; }

Penelitian Kualitatif

16.24 / Diposting oleh sugara nalarreason /

Jumpa lagi sobat bloger, pada postingan kali ini gw akan memberi sedikit informasi tentang penelitian kualitatif...yaa hal ini gw posting cz banyak temen” gw yg pengen tw tentang penelitian kualitatif dan bertanya kualitatif itu seperti apa sih…berhubung gw ada waktu luang gw sempetin buat postingan tentang penelitian kualitatif..mungkin pada kesempatan berikutnya gw pasti akan bahas tentang penelitian kuntitatifnya, jadi sabar ajah yaa BOZ…Baca sampek abizzz yoo

Penelitian kualitatif pada awalnya berkembang di dalam lingkungan ilmu-ilmu sosial, yang mana peralatan utamanya ialah kuesioner dan kegiatan tanya jawab. Dipandang dari segi pendekatan penelitian, dapat dikatakan bahwa penelitian kualitatif berupaya menegmbangkan teori secara induksi menggunakan data yang telah dikumpulkan. Penelitian kualitatif meneliti gejala-gejala yang ada disekitarnya untuk itu tidak mudah memehami suatu gejala-gejala atau variabel” sosial yang ada disekitar kita dengan menggunakan alat ukur, namun untuk itu perasaan dan naluri lebih berperan.
Dari kacamata penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif memiliki kelemahan yaitu penggunaan penelitian kuantitatif tidak objektif karena lebih banyak menggunakan perasaan dan naluri sehingga penelitian kualitatif dianggap tidak tahu apa-apa tentang gejala-gejala yang ditelitinya karena tidak ada pembuktian dalam bentuk angka-angka. Namun bagi penelitian kualitatif sendiri, tidaklah mungkin untuk dapat mengukur semua pengamatan dalam gejala-gejala pada masyarakat dalam bentuk angka-angka tanpa menghilangkan nuansa-nuansa yg penting.
Kajian kualitatif terutama digunakan pada penelitian masalah kemasyarakatan secara mendalam dengan maksud memahami sifat dan maknanya bagi perseorangan yang terlibat di dalamnya. Kajian ini juga dikembangkan untuk menampilakan berbagai pandangan manusia yg berbeda dalam bidang” ilmu sosial seperti sejarah, filsafat, antropologi, sosiologi, psikologi, & terutama bimbingan konseling yg jelas pastinya sob…hehehe…
Penelitian kualitatif lebih memperhatikan pada pembentukan teori substansi berdasarkan dari konsep” yg timbul dari data emepris. Penelitian kualitatif adalah penelitian yg memiliki kemungkinan terbuka akan berbagai perubahan yg diperlukan dan lentur terhadap kondisi yg ada di lapangan.
Oleh karena itu menurut (Bogdan & Tylor dalam Moleong, 1990:3) penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yg menghasilkan data deskriftif berupa kata” tertulis atau lisan dari orang” dan perilaku yg dapat diamati. Sementara (Kirk & Miler dalam Moleong, 1990:3) mendefinisikan bahwa penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yg secara fundamental bergantung pada pengamatan terhadap manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang” tersebut dalam bahasanya dan dalam peristiwanya.
Penelitian kualitatif, dengan diperolehnya data (berupa kata atau tindakan) sering digunakan untuk menghasilkan teori yg timbul dari hipotesis” seperti dalam penelitian kuantitatif. Atas dasar itu penelitian kualitatif menghasilkan teori substansif karena itu juga nii sob.. analisis isi pada penelitian kualitatif lebih penting dari pada simbol atau atribut seperti pada penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif memerlukan ketajaman analisis, objektivitas, sistematik, dan sistemik sehingga diperoleh ketepatan dalam interpretasi, sebab akibat dari suatu fenomena atau gejala bagi penganut penelitian kualitatif adalah totalitas. Pertimbangan peneliti dalam menggunakan dan penafsiran makna yg terkandung di dalam fenomena temuan sangat diperlukan. Pertimbangan dilakukan dengan cara menetapkan kategori yg lain, dan menentukan kriteria yg akan digunakan terhadap katagori” itu. Analisis yg digunakan dalam penelitian kualitatif lebih bersifat deskriftif-analitik yg berarti interpretasi terhadap isi dibuat dan disusun secara sistematik/menyeluruh dan sistematis.
Nah gimana sob..mpek disana...???masih nongkrong disini kan??Berikut nii, gw akan kasi sobat semua beberapa alasan mengenai maksud dilakukannya penelitian kualitatif, baca mpek abieezzz yaaa!!!!
1. Untuk menanggulangi banyaknya informasi yg hilang seperti yg dialami oleh penelitian kuantitatif, sehingga intisari konsep yg ada dalam data dapat diungkap
2. Untuk menanggulangi kecenderungan menggali data emperis dengan tujuan membuktikan kebenaran hipotesis akibat dari adanya hipotesis yg disusun sebelumnya, berdasarkan berfikir deduktif seperti dalam penelitian kuntitatif.
3. Untuk menanggulangi kecenderungan pembatasan variabel yg sebelumnya, seperti dalam penelitian kuantitatif padahal lo sob..permasalahan dan variabel dalam masalah sosial sangat kompleks.
4. Untuk menanggulangi adanya indeks” kasar seperti dalam penelitian kuantitatif yg menggunakan pengukuran enumirasi (perhitungan), padahal lagi ni sob… inti sebenarnya berada pada konsep” yg timbul dari data.

Masih disana kan sob????berikut ini gw akan kasi info tentang ciri” pokok Penelitian Kualitatif :
1. Lingkungan alamiah sebagai sumber data langsug.
2. Manusia merupakan alat (instrumen) utama dalam mengumpulkan data
3. Analisis data dilakukan secara induktif. Penelitian kualitatif tidak dimulai dari deduksi teori, tetapi dimulai dari fakta emperis.
4. Penelitian bersifat deskriptif analitik (tidak berupa bilangan atau angka statistik) melainkan tetap dalam bentuk kualitatif yg kaya arti.
5. Tekanan penelitian pada prosesnya.
6. Pembatas penelitian kualitatif berdasarkan pada fokus penelitian saja.
7. Perencanaan bersifat fleksibel sesuai kebutuhan dan kondisi dan juga terbuka.
8. Hasil penelitian merupakan kesepakatan bersama.
9. Pemebentukan teori berdasarkan dari dasar.
10. Tehnik sampling cenderung purposive (berdasarkan ciri-ciri tertentu).
11. Penelitian bersifat menyeluruh (holistik).
12. Makna sebagai perhatian utama penelitian.

Nah tadi gw udah coba tunjukin beberapa ciri” pokok dari penelitian kualitatif,,,n udah barang tentu setiap tehnologi pasti memiliki kelemahan/permasalahan dari tehnologi tersebut,, begitu jg penelitian kualitatif...mau tau??? makanya baca yaa mpek habizzzz...
1. Penelitian kualitatif berawal dari dasar yg sifatnya induktif, hipotesis jg ditetapkan secara teori, dan hasilnya pun tidak dapat digeneralisasikan karena terkait masalah sampling,,,oleh karena itu sob..akan timbul mungkin suatu pertanyaan (apakah penelitian kualitatif itu ilmiah?)
2. Terkadang untuk terlaksananya suatu penelitian kualitatif selain menggunakan metode kualitatif seperti pengamatan dan wawancara, juga dibantu dengan pengukuran kuantitatif. Hal ini sering terjadi karena ketidak puasan peneliti, sehingga akan menjadi 1) dua pendekatan sekaligus dimana pendekatan kualitatif sebagai peganganya, 2) dua pendekatan sekaligus dimana pendekatan kuantitatif sebagai pegangannya. Namun perlu kita ingat bahwa orientasi dari penelitian ini berbeda, sehingga mungkin akan terjadi pnyusutan intisari konsep dalam data, dan kehilangan ciri” khas dari penelitian kualitatif itu sendiri
3. Kehadiran peneliti pada saat melakukan penelitian akan dapat mengubah suasana prilaku subjek. Bisa sobat bayangkan jika subjek merubah prilakunya saat kita melakukan suatu penelitian, maka hal yg seharusnya kita dapat akan kurang kemurniaannya akibat prilaku subjek yg berubah atau menutup-nutupi jika ada kekurangan dan melebih-lebihkan jika itu dianggap baik oleh subjek. Oleh karena itu dalam penelitian sedapat mungkin peneliti dalam meneliti tidak terlalu menggoncang suasana prilaku subjek, namun seberapa handalpun seorang peneliti yg nantinya akan berinteraksi langsung dengan subjek, pasti akan mempengaruhi prilaku subjek itu walaupun hanya sedikit.
4. Kesubjektivitasan dari si peneliti sangatlah mempengaruhi hasil penelitian, begitupun citra seorang peneliti kualitatif jg sangat berpengaruh, kenapa??karena buah pikiran yg tertuang dalam penelitian tersebut adalah hasil berupa teori dan orang lain yg melihat itu pun pasti akan melihat siapa penelitinya. Bisa dibayangkan gak sob, lo sobat tw kesubjektivitasan seorang peneliti yg kebetulan sobat kenal dengan peneliti tersebut, wah...belum apa” sobat uda gak percaya duluan...hehehe...oleh karena itu dalam penelitian kualitatif digunakan metode dan tehnik agar dapat membantu sii peneliti tersebut menghindarkan/ mengurangi kesubjektivitasannya.

Sekian dulu sobat bloger n consillium, pada lain kesempatan gw akan memposting hal” yg berkenaan tentang PENELITIAN KUALITATIF,,semoga dengan gw memposting artikel ini dapat berguna bagi sobat agar menjadi lebih baik n lebih baik lagi n jangan lupa donk Dipostkan Komentar Sobat Seusai Membaca Blog Ini....

Hormat saya
putu sugara
metodologibk.blogspot.com
putusugara@gmail.com

4 komentar:

Comment by Dedy irawan on 12:17 AM

kerennnn infonya.....

Comment by My 24-7 notez on 9:03 PM

ya...woke lah

Comment by Beautylicious on 9:49 AM
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment by Beautylicious on 9:50 AM

Blognya sangat membantu �� keep inspiring bli

Posting Komentar

lewat blog ini hanya untuk berbagi ilmu & pengalaman, apabila terjadi ketidakpuasan...just say, i am not a perfect man