#under_header{ margin:10px 0; padding:1%; width:98%; }

POPULASI PENELITIAN…

15.55 / Diposting oleh sugara nalarreason /


Jumpa lagi sobat bloger..pada kesempatan kali ini gw akan posting tentang populasi ajah…mungkin pada kesempatan berikutnya gw akan bahas tentang sampel penelitian beserta tehnik” pengambilan sampel dari suatu populasi yg perlu pembahasan mendalam…so jgn berkecil hati dulu ya sobat bloger cz postingan kali ini setidaknya akan menjadi dasar pada postingan” berikutnya…N chek this out

Okeh yg pertama gw akan mendefinisikankan tetang populasi terlebih dahulu…Populasi adalah seluruh data yg menjadi perhatian kita dalam suatu ruang lingkup dan waktu yg kita tentuknan. Jadi populasi berhubungan dengan data ya sob.. bukan berhubungan dengan manusianya. Nah gini penejelasannya,,setiap manusia/objek populasi memberikan suatu data, maka banyaknya atau ukuran populasi akan sama dengan banyaknya manusia. Populasi tidak selalu sama dengan penduduk/ orang yg tinggal di wilayah geografis tertentu. Populasi bisa berupa keseluruhan objek penelitian yg terdiri dari manusia, benda”, hewan”, tumbuhan”, gejala”, nilai tes, atau peristiwa” sebagai sumber data yg memiliki karakteristik tertentu di dalam suatu penelitian, dan apapun yg menjadi objek dari survei penelitian.
Populasi memiliki parameter yakni besaran terukur yang menunjukan ciri dari populasi itu. Okeh deh mungkin sobat kenal atau pernah denger yg namana besaran ukuran sebagai parameter populasi/ istilah kerennya ni sob (Central Tendency),, some thing like this : mean, rata-rata, simpangan baku, varians, simpangan baku, dll. Parameter suatu populasi tertentu adalah tetap nilainya, bila nilainya itu berubah, maka berubah pula populasinya…
Kaitannya dengan batasan tersebut, so populasi dapat dibedakan sebagai berikut menurut jangkauannya/kuantitatif :
1. Populasi terbatas atau populasi terhingga, yakni populasi yg memiliki batas kuantitatif secara jelas karena memiliki klarakteristik yg terbatas. example : siswa SMP pada tahun ajaran 2009, dengan karakteristik berumur antara 12-14 tahun, dan lain”.
2. Populasi tak terbatas atau populasi tak terhingga adalah populasi yg tidak dapat ditemukan batas-batasnya, sehingga tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah secara kuantitatif. example ni sob…siswa berprestasi se-indonesia,,so yg harus kita ukur adalah jumlah siswa berprestasi dihitung sejak siswa pertama kali yg dinobatkan menjadi siswa berprestasi sampai sekarang dan yg akan datang. Kebayang gak lo sobat disuruh ngukur itu..wah bisa gak jalan” penelitian sobat n juman gebrak” ditempat doank…hihihihi… Nah dengan keadaan seperti itu jumlah yg tidak dapat dihitung, hanya dapat digambarkan suatu jumlah objek secara kualitas dengan karakteristik yg bersifat umum yaitu orang”, dahulu, sekarang, dan yg akan menjadi seorang siswa berprestasi. Populasi seperti ini disebut juga parameter.
Populasi dapat dibedakan dalam hal kualitatif, adalah sebagai berikut :
1. Populasi teoritis (Theoritical Populations), yaitu sejumlah populasi yang batas-batasannya ditetapkan secara kualitatif. Example : siswa SMP pada tahun ajaran 2009, dengan karakteristik berumur antara 12-14 tahun dan memiliki kriteria intelegensi (IQ) diatas 120.
2. Populasi yg tersedia (Accessible Populations), yaitu sejumlah populasi yg secara kualitatif dapat dinyatakan dengan tegas. Example : siswa SMP Negeri dikota Denpasar pada tahun ajaran 2009, dengan karakteristik berumur antara 12-14 tahun dan memiliki kriteria intelegensi (IQ) diatas 120.
Nah sob ada lagi nii…populasi dalam penelitian juga dapat dibedakan berdasarkan sifatnya, chek this out :
1. Populasi yg bersifat homogen, yaitu populasi yg unsur-unsurnya memiliki sifat yg sama, sehingga tidak perlu dipersoalkan jumlahnya secara kuantitatif. Example lg nii sob, seorang dokter ingin mengetes kadar gula darah pada seorang pasien, so dokter tersebut hanya perlu setetes darah ajah. Dokter itu gak perlu ngambil sampel banyak” sebotol misalnya apalagi botolna gede bgt…hehe..bisa lemes tu pasienn..Jadi setetes ataupun sebotol, hasilnya akan sama ajah…
2. Populasi yg bersifat heterogen, yaitu populasi yg unsur-unsurnya memiliki sifat atau keadaan yg bervariasi, sehingga perlu ditetapkan batasan-batasannya baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Example : penelitian bidang sosial yg objeknya manusia atau gejala” dalam kehidupan manusia menghadapi populasi yg heterogen.
Okeh deh…gmn dulu sampai disana,,uda ngerasa bisa lebih yakin gak buat nentuin populasi penelitian sobat??? nah mudah”an dengan adanya referensi ini, sobat lebih kritis dalam menentukan populasi dalam penelitian sobat…

Nah biar lebih mantap ilmunya, gw bakal berbagi pengetahuan pada sobat semua lebih mendalam lagi…tongkrongin yaaa….
Populasi itu ditentukan oleh topik atau tujuan survei. kalu kita ingin membuat survei mengenai minat membaca masyarakat denpasar maka populasi survei kita adalah masyarakat denpasar. Jika topik survei kita beralih ke minat membaca di kalangan pelajar masyarakat denpasar maka populasi kita bukan lagi masyarakat denpasar melainkan pelajar denpasar.
Jadi sebelum kita menentukan populasi, kita harus merumuskan dengan benar dan tepat apa tujuan survei. Nah bagi sobat sekalian, akan ada pertanyaan seperti ini, apakah yg ingin diteliti?, Pertanyaan seperti walaupun terdengar sepele namun penting cz tujuan survei yg berbeda akan mengahsilkan populasi yg berbeda pila. Example lagi nii sob…survei mengenai minat membaca para pelajar, jika tujuan survei sobat adalah ingin memetakan hanya pada prosentase minat membaca saja maka populasi survei adalah semua pelajar yg ada di denpasar. Namun jika tujuan survei sobat menekankan pada penyebab yg mempengaruhi rendahnya minat membaca para pelajar maka yg menjadi populasi tidak hanya sebatas para pelajar saja melainkan akan melibatkan lingkungan keluarga, lingkungan sosial tempat dia bergaul (yang bisa di inklud menjadi masyarakat denpasar) sehingga populasi sobat dapat dikatakan semua anggota masyarakat denpasar.
Sekian dulu sobat bloger n consillium, pada lain kesempatan gw akan memposting hal” yg berkenaan tentang ALL ABOUT POPULATION,,semoga dengan gw memposting artikel ini dapat berguna bagi sobat yg akan menentukan populasi penelitiannya agar menjadi lebih baik n lebih baik lagi n jangan lupa donk Dipostkan Komentar Sobat Seusai Membaca Blog Ini....
untuk lebih jelasnya klik disini for more info

Hormat saya
putu sugara
metodologibk.blogspot.com
putusugara@gmail.com

2 komentar:

Anonim on 6:33 PM

wah keren juga y gan.
lebih spesifik getoh...

Comment by kumpulan cara trik on 12:47 AM

Populasi identik dengan data yah, heee baru tahu.. mantap infonya jadi nambah ilmu...

Posting Komentar

lewat blog ini hanya untuk berbagi ilmu & pengalaman, apabila terjadi ketidakpuasan...just say, i am not a perfect man